Harganya lumayan murah, yaitu 90.000 dan sekalian ganti kampas rem belakang 25.000, itu semua sudah termasuk biaya pasang. Setelah terpasang dan dirasa sudah berfungsi dengan baik, saya langgsung membayar dengan total 115.000. Waktu pertama jalan, rem belakang memang jadi pakem tapi, semakin lama saya mengerem kok tuas rem kayak goyang-goyang, laju motor jagi tersendat-sendat, dan tarikan motor jadi sangat berat. Ternyata penyebabnya adalah cakram belakang yang tidak presisi alias bimbang sehingga membuat jalu motor tidak baik. Mumpung dirumah ada gerinda, jadi saya gunakan untuk membuat piringan cakram menjadi presisi kembali. Tapi apadaya, laju motor tetap tersendat-sendat, dan saya putuskan untuk memasang cakram ori yang lama lagi untuk mencega hal-hal yang tidak diinginkan.
Akhirnya 3 hari yang lalu saya memutuskan untuk membeli piringan cakram dan kampas rem ori di Dealer. Untuk piringannya itu harganya 145.000 dan kampas rem 60.000, lumayan juga tapi, tidak masalah asalkan motor jadi sehat lagi.
Sampai dirumah saya lepas deh ban belakang, piringan cakram, dan kampaas rem kemudian memasang yang baru.
Piringan cakram KW sudah berkarat hanya dalam beberapa minggu.
Setelah pemasangan selesai, rem kemudian saya stel lagi untuk membuatnya jadi pakem. Untuk mengetes apakah rem belakang sudah pakem atau tidak, saya langsung menuju ke jalan raya walau agak sedikit ragu. Ternyata kerajuan saya sirna karena ada perbedaan yang siknifikan bro setelah memasang yang ori karena motor saya tidak tersendat-sendat lagi dan walau ketika ngerem cengkramannya belum terlalu pakem karena mungkin masih baru kali ya jadi butuh penyesuaian. Saran saya belilah produk aftermarket yang sudah teruji misalnya PSM, tetapi bila anda ragu beli saja yang asli/orijinal karena memang sudah teruji.
No comments:
Post a Comment